Rabu, 15 Desember 2010

Kaitan antara Kekerasan Dalam Pacaran dengan Pancasila

Apabila di tinjau dari sila-sila yang terdapat di Pancasila, bahwa kekerasan dalam berpacaran (seperti yang telah di tayangkan oleh Dosen) sangat jauh dari aspek isi dari Pancasila.


Pertama, telah melanggar atau bertentangan dengan Sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa..kenapa?? Karena apabila orang tersebut (dalam kasuh ini laki-laki yg melakukan kekerasan) melaksanakan Sila Pertama, dia akan menyayangi pacarnya itu seperti dirinya sendiri, "Sayangilah saudaramu seperti menyayangi diri sendiri".

Kedua, telah jauh dari Sila kedua, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Orang tersebut tidak adil dan tidak memiliki rasa kemanusiaan. Dia main hakim sendiri dan kejam terhadap perempuan.

Terlihat sekali, kekerasan itu telah bertentangan dari kedua Sila tersebut.
Hal yang paling mendasar ialah apabila orang tersebut melaksanakan hal yang paling utama atau dasarnya yaitu melaksanakan sila pertama, tindak kriminal apapun tidak akan terjadi, karena orang yang beriman, ia akan takut kepada Tuhannya. Perilaku dan perbuatannya akan selalu terjaga dan tidak akan melakukan hal tercela. Begitulah intinya.

Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar